ANALISIS KEPUASAN PASIEN TERHADAP MUTU PELAYANAN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS KALAENA KAB. LUWU TIMUR
Keywords:
kepuasan pasien, mutu layananAbstract
Tujuan : Untuk Menganalisis Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Rawat Jalan di Puskesmas Kalaena Kabupaten Luwu Timur” Puskesmas sebagai organisasi fungisional yangmenyelenggarakan upaya kesehatan yang bersifat menyeluruh, terpadu, merata, dapat diterima dan terjangkau oleh masyarakat, dengan peran serta aktif masyarakat dan menggunakan hasil pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tepat guna, dengan biaya yang dapat dipikul oleh pemerintah dan masyarakat. Upaya kesehatan tersebut diselenggarakan dengan menitik-beratkan kepada pelayanan untuk masyarakat luas guna mencapai derajat kesehatan yang optimal, tanpa mengabaikan mutu pelayanan kepada perorangan. Metode:. Penelitian ini menggunakan rancangan uji cross Sectional study dengan jumlah sampel 78 orang yang ditentukan melalui accidental sampling dengan melakukan wawancara yang menggunakan kuesioner. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pasien akan kenyamanan, pelayanan petugas, prosedur pelayanan dan hasil layanan mayoritas responden merasa cukup puas, serta hasil tabulasi silang antara kepuasan pasien rawat jalan terhadap kualitas pelayanan menunjukkan adanya hubungan yang bermakna dimana hasil perhitungan statistik dengan uji chisquare diperoleh nilai p= 0,000 < 0,05). Saran: Diharapkan agar pihak Puskesmas harus lebih meningkatkan lagi kualitas layanannya kepada untuk memberikan kepuasan bagi pasien yang menggunakan Pelayanan kesehatan di Puskesmas Kalaena

