HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TENAGA KESEHATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANG POST NATAL CARE (PNC) PUSKESMAS MINASA TENE PANGKEP

Authors

  • nurul sukmawati

Keywords:

Komunikasi Interpersonal, Tenaga Kesehatan

Abstract

Tujuan : Komunikasi interpersonal dianggap sebagai salah satu strategi untuk membangun dan mempertahankan hubungan yang efektif antara pasien dengan petugas kesehatan. Komunikasi interpersonal memiliki fungsi untuk membantu mengumpulkan informasi mengenai individu sehingga dapat memprediksikan respon yang akan timbul. Metode : Penelitian dilaksanakan bulan November 2016 di Puskesmas Minasa Tene. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu nifas yang berkunjung di Puskesmas Minasa Tene sebanyak 286 orang diperoleh sampel sebanyak 74 orang dengan teknik pengambilan sampel secara Purposive Sampling dan menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner dengan menggunakan analisis uji Chi Square. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 74 orang yang dijadikan sebagai sampel, yang memiliki komunikasi interpersonal baik sebanyak 60 orang (81,1%) dan kurang sebanyak 14 orang (18,9%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 74 orang yang dijadikan sebagai sampel, yang memiliki tingkat kepuasan baik sebanyak 59 orang (79,7%) dan kurang sebanyak 15 orang (20,3%). Simpulan :Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara komunikasi interpersonal dengan tingkat kepuasan pasien. Saran : Diharapkan kepada petugas kesehatan meningkatkan pelayanan dan keterampilan dalam melakukan komunikasi interpersonal dengan tingkat kepuasan pasien.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

03-01-2016

How to Cite

sukmawati, nurul. (2016). HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TENAGA KESEHATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANG POST NATAL CARE (PNC) PUSKESMAS MINASA TENE PANGKEP. Jurnal Ilmiah Keperawatan Dan Kebidanan Holistic Care, 1(01), 87–93. Retrieved from https://ojs.stikesgrahaedukasi.ac.id/index.php/JIKKHC/article/view/107